Pimpinan Komisariat H.M. Asly Kaduppa ITBM Polman Gelar Darul Arqam Dasar: Pembentukan Kader IMM Berwawasan

Pada tanggal 28 Januari hingga 2 Februari 2024, Pimpinan Komisariat H.M. Asly Kaduppa Institut Teknologi dan Bisnis Mandar (ITBM) Polman menyelenggarakan program Darul Arqam Dasar (DAD). Program ini diikuti oleh 32 mahasiswa ITBM Polman yang berasal dari program studi agribisnis, bisnis digital, dan kewirausahaan.

DAD bertujuan membentuk karakter, kepribadian, serta mutu anggota, sehingga mereka dapat mencapai kualifikasi kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang memiliki wawasan. Program ini berfokus pada tingkat komisariat dengan melalui internalisasi ideologi, menumbuhkan wacana intelektual, dan membentuk kader yang siap memimpin komisariat.

Menurut Agus Hermawan, ketua panitia, “peserta DAD harus memenuhi beberapa prasyarat. Mereka setidaknya harus mengenal dasar-dasar IMM, berada pada tahap dewasa awal, menempuh pendidikan tinggi yang masih rendah, serta memiliki sifat, persepsi, dan motivasi yang bervariasi. Selain itu, calon peserta juga harus lolos tahap administrasi, membuat esai, dan mengikuti wawancara. Jika semua aspek tersebut terpenuhi, peluang lolos mengikuti DAD akan lebih besar.”

Ketua IMM Cabang Polewali Mandar, M. Said, “menyampaikan harapannya terhadap DAD. Dia berharap program ini dapat mencetak kader dasar yang memiliki profil baik dalam aspek keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Dari aspek keagamaan, diharapkan para kader dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil dan menuliskannya, beribadah sesuai majelis tarjih, serta memahami ideologi Muhammadiyah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.