Ketua PWM Sulbar Ajak Mahasiswa Menjadi Generasi Umat yang Terbaik

Senin, 11 Oktober 2021 Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar menggelar Forum Ta’aruf Mahasiswa Baru dirangkaikan dengan Milad Ke 1 ITBM Polman dengan tema ” Membangun Mahasiswa Inovatif, Kreatif dan Berakhal Mulia, Dalam Perkuliahan Menuju Pemenang di Masa Pandemi”.

Kegiatan berlansung di Aula ITB Muhammadiyah Polewali Mandar Jl Poros Majene-Makassar Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo.

Dihadiri pula oleh PW Muhammadiyah Sulbar, PD Muhammadiyah Polman, Badan Pembina Harian ITBM Polman, BPH Universitas Muhammadiiyah Mamuju, Rektor Universitas Muhammadiyah Mamuju, Civitas ITBM Polman.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dr. Wahyun Mawardi.,S,Ag.,M.Pd. menyampaiakan kepada mahasiswa untuk menjadi generasi umat yang terbaik.

“Pesan saya teruslah menebarkan kebaikan, dikritik adalah hal yang lumrah. Karena ‘membangun’ sesuatu membutuhkan pengorbanan dan waktu lama, berbanding terbalik dengan menghancurkan sesuatu hanya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya,”.

“Adik-adik sekalian, kalian berada di lingkungan kampus dan organisasi Islam, Muhammadiyah yang ingin mendidik anak-anak negeri dan generasi umat untuk menjadi khaira ummah, menjadi umat terbaik. Sebagai mana hal itu menjadi semangat Muhammadiyah, kuntum khaira ummah ukhrijat linnas. Jadilah generasi umat yang terbaik.

Menurutnya Terdapat 4 kriteria menjadi generasi khaira ummah, yaitu :
pertama, umat yang terbaik adalah orang-orang yang memiliki karakter akhlak karimah (akhlak mulia) yaitu baik, jujur, terpercaya, dan menjadi orang yang tau mana yang baik dan buruk.

Kedua, khaira ummah adalah umat yang memiliki sifat atau karakter cinta ilmu dan cinta profesi. Sebagai mana dalam ayat Al-Qur’an Surat Al-Alaq adalah iqra’ atau menyeru untuk membaca. Bagaimana agar umat bisa menjadi generasi yang biasa membaca, menulis, berpikir, berani menguasai ilmu hal itulah yang dinamakan generasi iqra’. “ Di kampus ini, sejak awal mahasiswa diharuskan menjadi generasi iqra’ dan mengikuti generasi tradisi literasi,” imbuhnya.

Ketiga, orang yang memiliki manfaat dalam kehidupannya. Khairunnas anfaahum linnas, orang terbaik adalah orang yang member manfaat bagi orang lain, manfaat bagi keluarganya, manfaat bagi masyarakat, bagi bangsa dan negara, bahkan kemanusiaan semestinya.

Keempat,umat yang terbaik adalah orang yang bermakna di dunia dan di akhirat. Karena bekal terbaik adalah amal sholeh dan jadilah generasi yang sholeh dan sholehah,”.

Selamat datang, selamat belajar, dan insyaAllah akan jadi kader Muhammadiyah, jadi kader umat, jadi kader bangsa, dan jadi kader kemanusiaan semesta yang menjadi kebanggan orang tua, kebanggaan Muhammadiyah, kebangsaan bangsa, bahkan jadi kebanggaan seluruh manusia di muka bumi ini karena Ananda hadir menjadi orang-orang yang bermanfaat bagi semesta alam

Pesan saya kepada para pengelola dan mahasiswa jika ingin sukses haruslah bersungguh sungguh “Man Jadda wa jada” siapa bersungguh sungguh mencari akan menemukan

Ingat kesuksesan tidak ada yan Instan.
Tidak ada orang yang berhasil tanpa pergumulan dan usaha yang panjang. Allah akan membuka jalan bagi siapapun yg berjuang di jalannya. Alladzina Jaahaduu finaa lanahdiyannahu subulana

Keberhasilan juga harus diraih dengan KEJUJURAN. Siapapun akan cinta dengan kejujuran

Jangan pernah tergoda menjadi orang tidak jujur. Jujur adalah kebaikan dan kebaikan akan membawa kalian ke Surga, Inna sidqa yahdii ilal birri……

Laporan : Agung Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.